AKADEMI TNI

TARUNA AKADEMI TNI MELAKSANAKAN LATIHAN NAPAK TILAS RUTE GERILYA PANGLIMA BESAR JENDERAL SUDIRMAN

Dalam rangka menanamkan dan mewariskan sikap dan semangat kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Sudirman, 672 Taruna Akademi TNI melaksanakan latihan ketahanan mars melalui kegiatan Napak Tilas Rute Perjuang Panglima Besar Jenderal Sudirman atau RPS di Provinsi Yogyakarta (17-20 Desember 2020).

 

Latihan Napak tilas RPS ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bantul sampai dengan Gunung Kidul dengan jarak tempuh sejauh 72 Km yang dibagi dalam 3 etape dengan menelusuri desa-desa yang pernah dilalui oleh Jenderal Sudirman bersama Tentara Republik Indonesia pada saat bergerilya pada tahun 1948 guna mempertahankan kemerdekaan oleh sebab agresi Belanda yang ingin kembali menjajah bangsa Indonesia.

 

Adapun tujuan dari latihan napak tilas RPS adalah selain untuk memberikan pemahaman kepada Para Taruna tentang sejarah perjuangan Pahlawan Panglima Besar Jenderal Sudirman, juga untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan sikap dan jiwa kepemimpinan beliau tentang kejuangan, cinta tanah air dan rela berkorban serta memupuk semangat manunggal atau berintegrasi bersama rakyat agar dapat dicontoh dan diteladani oleh para Taruna di dalam kehidupan mereka mengingat mereka kelak akan menjadi calon-calon pemimpin TNI di masa depan.

 

Latihan RPS oleh Taruna Akademi TNI diawali dengan ziarah ke TMP Kusumanegara Yogyakarta yang dipimpin oleh Danjen Akademi TNI (17/12/2020), Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E. Pada tanggal 18 Desember 2020 dilaksanakan upacara pembukaan latihan RPS melalui prosesi penyerahan Tandu oleh Bupati Bantul kepada Taruna Akademi TNI sebagai tanda dimulainya kegiatan Napak Tilas RPS etape pertama yang akan menempuh jarak 26 Km, dimulai dari Desa Grogol sampai dengan Desa Temanggung. Pada hari ini (19/12/2020) RPS etape kedua akan menempuh jarak 30 Km menuju Desa Semanu. Besok (20/12/2020) para Taruna akan menempuh jarak 13 Km menuju Desa Bedoyo sebagai titik akhir kegiatan RPS.

Administrator

Administrator Akademi TNI