AKADEMI TNI

PENUTUPAN LATIHAN NAPAK TILAS RUTE GERILYA PANGLIMA BESAR JENDERAL SUDIRMAN

Komandan Jenderal Akademi TNI Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E., menutup Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Sudirman (RPS) bagi 672 Taruna Akademi TNI TP 2020/2021 di Desa Bedoyo Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Yogyakarta, (20/12/2020).

Dalam amanatnya Danjen Akademi TNI menyampaikan, latihan RPS merupakan salah satu materi dalam kurikulum pendidikan dasar integrasi Akademi TNI yang bertujuan untuk menanamkan dan mewariskan sikap dan semangat kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada Taruna agar dapat diteladani mengingat mereka kelak akan menjadi calon-calon pemimpin TNI di masa depan.

Latihan Napak tilas RPS dilaksanan dari tanggal 17 sd 20 Desember 2020 di wilayah Kabupaten Bantul sampai dengan Gunung Kidul Provinsi Yogkarta dengan jarak tempuh sejauh 72 Km yang dibagi dalam 3 etape. Pada setiap etape RPS, Taruna akan melewatii desa-desa yang pernah dilalui oleh Jenderal Sudirman bersama Tentara Republik Indonesia pada saat bergerilya pada tahun 1948 dalam rangka mempertahankan kemerdekaan karena agresi Belanda yang ingin kembali menjajah bangsa Indonesia. Etape pertama menempuh jarak 26 Km, dimulai dari Kabupaten Bantul Desa Grogol sampai dengan Desa Temanggung. Etape kedua dengan jarak 30 km menuju Desa Semanu, etape ketiga sepanjang 13 Km menuju Desa Bedoyo sebagai titik akhir kegiatan RPS.


Dalam kegiatan RPS Taruna Akademi TNI, juga dilaksanakan kegiatan karya bhakti berupa Bansos pembagian 1.100 paket sembako dan pembuatan sarana taman baca “Bhinneka Eka Bhakti” untuk masyarakat di 4 desa yang dilalui oleh napak tilas Taruna. Sarana taman baca dilengkapi jaringan wifi, 4.600 buku cetak, 10.000 buku elektronik yang dapat diunduh melalui aplikasi iYogya, dan dukungan 4 unit laptop serta 4 unit televisi guna menumbuhkan dan meningkatkan minat baca seluruh warga sekitar. Diharapkan dengan bantuan taman baca ini akan menumbuhkan literasi, meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat sehingga nantinya dapat mencetak SDM unggul yang akan berdampak kepada kemajuan pembangunan daerah.

Administrator

Administrator Akademi TNI