AKADEMI TNI

PANGLIMA TNI MEMBUKA LATSITARDA NUSANTARA XLI/2021 DI SUMATERA UTARA

Belawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo secara resmi membuka Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara XLI/2021 di Lantamal I, Rabu (7/4/21).


Upacara pembukaan Latsitarda Nusantara dihadiri Kasal, Kasau, Gubernur Sumatera Utara, Danjen Akademi TNI, Kalemdiklatpol, Gubernur Akademi Angkatan dan Akpol serta jaran pejabat dari TNI- Polri serta pejabat Pemda Sumut.


Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan Taruna Akademi TNI dan Akpol tingkat akhir dalam rangka memenuhi kelulusan Taruna.


Latsitardanus ke 41 di Sumatera Utara akan dilaksanakan dari tanggal 7 s.d 24 April 2021, diikuti 1031 orang, terdiri dari 227 Taruna Akmil, AAL 101, AAU 91 dan Akpol 283 serta 100 mahasiswa dan 229 tenaga pendukung (pengasuh, pelatih dan dosen pembimbing). Daerah sasaran Latsitardanus meliputi wilayah Kabupaten Simalungun, Langkat, Deliserdang, Kota Binjai, Tebingtinggi dan Medan. Tema yang diangkat “Latsitarda Nusantara 2021 turut mensukseskan program pemerintah dalam pencegahan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional di wilayah Sumatera Utara”, harapannya selain dapat mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan Taruna di luar kampus, seyogianya dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan kehidupan di masa pandemi Covid-19. Sebab kegiatan Latsitarda juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai standar nasional pendidikan tinggi, yang harus dilaksanakan oleh Akademi TNI dan Akpol".


Selain itu, para Taruna dan mahasiswa hendaknya mampu mengimplementasikan pengetahuan mereka untuk dapat dijadikan bekal dalam menyongsong tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara, memantapkan kemanunggalan TNI dan Polri dengan masyarakat Sumatera Utara, menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa pejuang, cinta tanah air serta semangat Integrasi.


"Sebagai Taruna Akmil AAL, AAU dan Akpol serta mahasiswa sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan, harus membangun soliditas TNI dan Polri dan masyarakat di Sumatera Utara, serta membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi Covid-19," pesan Panglima TNI.

Administrator

Administrator Akademi TNI