AKADEMI TNI

DANJEN AKADEMI TNI LETJEN TNI RUDIANTO RESMIKAN LATSITARDA NUSANTARA XLIV “UNTUK INDONESIA MAJU KEEMASAN” DI KALIMANTAN TIMUR

Suasana Kota Balikpapan seketika menjadi meriah, saat Danjen Akademi TNI, Letjen TNI Rudianto secara resmi membuka kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke XLIV tahun 2024 di Lapangan Merdeka Balikpapan pada Senin, 6 Mei 2024.

 

Kedatangan Danjen Akademi TNI, Letjen TNI Rudianto yang didampingi Kalemdiklat Polri, Komjen Pol Drs Purwadi Arianto ini disambut Forkopimda Provinsi Kalimatan Timur dan Kota Balikpapan sehari sebelum acara pembukaan. Upacara pembukaan kegiatan Latsitarda Nusantara ke XLIV tahun 2024 ini dihadiri seluruh unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan, serta sejumlah tokoh agama dan Masyarakat.

 

Latsitarda Nusantara ke XLIV tahun 2024 diikuti 1.338 peserta yang terdiri dari 417 Taruna Akmil, 126 Taruna AAL, 111 Taruna AAU, 247 Taruna Akpol, 200 Praja IPDN, 95 Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara, serta 192 Kadet Universitas Pertahanan.

 

Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya oleh Akademi TNI ini bertujuan sebagai pembekalan kepada para taruna dalam hal integrasi antar Lembaga Pendidikan, menumbuhkan semangat juang dan wawasan kebangsaan, serta memaknai kemanunggalan dengan Masyarakat.

 

Letjen TNI Rudianto saat membuka acara Latsitarda XLIV di Lapangan Merdeka sangat terharu melihat sambutan Masyarakat Kota Balikpapan yang sangat meriah hingga memadati jalan-jalan di sekitar Lapangan Merdeka. Ratusan pelajar mulai dari sekolah dasar hingga SMA dan SMK begitu antusias hingga tak hentinya mengelu-elukan para taruna yang juga melakukan penampilan saat melakukan kirab di jalan utama Kota Balikpapan.

 

Dalam amanatnya, Letjen TNI Rudianto menyampaikan bahwa tema dari Latsitarda Nusantara yang menjadikan Kalimantan Timur yang maju dan unggul ini menjadi bingkai bagi para taruna untuk memupuk integritas dan sinergitas, semangat kejuangan dan kemanunggalan, sehingga kedepan, taruna dan praja dapat menjadi sosok pemimpin yang mengayomi dan melayani Masyarakat.

 

Selanjutnya peserta Latsitarda Nusantara ke XLIV akan dibagi kedalam 5 kelompok dan ditugaskan di 5 Kabupaten Kota di Kalimantan Timur yaitu Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara, Paser, dan Kutai Kertanegara selama 1 bulan untuk berkegiatan dan berkontribusi positif ditengah masyarakat.

 

Sejumlah program kreatif dan inovatif akan dilaksanakan oleh para taruna, kadet dan praja diantaranya Program pengolahan limbah menjadi energi, digitalisasi pepustakaan dan program pemanfaatan teknologi untuk umkm. Para peserta Latsitarda Nusantara ini juga akan menularkan banyak hal positif kepada Masyarakat khususnya remaja diantaranya sikap kedisiplinan, kepemimpinan, dan wawasan kebangsaan.

 

PJ Gubernur Kalimantan Timur Dr. Drs Akmal Malik, M.Si yang mendampingi Letjen TNI Rudianto berseta staf mengucapkan banyak terima kasih kepada Akademi TNI yang telah mempercayakan Kalimantan Timur sebagai tempat penyelenggaraan Latsitarda Nusantara ke XLIV, karena sebagai mitra strategis IKN, Kalimantan Timur yang terus berbenah membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa agar menjadi daerah yang unggul dan maju.

 

Demikian berita mendidik citra bangsa dan negara di-Indonesia ini, tim redaksi publikasikan serta informasi kan untuk seluruh putera-puteri penerus meraih masa depannya tetap cerah sepanjang harinya didunia kehidupan. pada peningkatan kualitas sumber daya manusia murni seutuhnya

 

Administrator

Administrator Akademi TNI