AKADEMI TNI

DANJEN AKADEMI TNI PIMPIN ZIARAH KE MAKAM TARUNA YANG GUGUR SAAT TERJADI PERISTIWA LENGKONG

Tangerang, Komandan Jenderal Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., memimpin upacara ziarah dalam rangka HUT Akademi TNI ke-54 tahun 2019 untuk mengenang peringatan peristiwa Pertempuran Lengkong yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Taruna Tangerang, Provinsi Banten, Jawa Barat. Rabu (27/11).

 

Sebelumnya diadakan peletakan karangan bunga oleh Danjen Akademi TNI dihadiri Walikota Tangsel Ibu Airin Rachmi Diany, Ketua Yayasan 25 Januari 1946 Ibu Rani dan Danjen Akadedemi TNI dan Wadanjen Akademi TNI dari masa-kemasa serta keluarga Pahlawan Ibu Sophiah M. Mogot Tendean (adik kandung Pahlawan Daan Mogot) di Monumen pertempuran Lengkong Tangsel dilanjutkan peninjauan Rumah Sejarah dimonumen Palagan Lengkong yang masuk Cagar Budaya Tangsel.

Dilanjutkan Upacara peletakan karangan bunga di Taman Makam Taruna diawali dengan Penghormatan kepada para arwah Pahlawan yang dipimpin Danjen Akademi TNI dan dilanjutkan dengan Tabur Bunga oleh Danjen Akademi TNI dan para mantan Danjen Akademi TNI dari masa-kemasa serta keluarga pahlawan diikuti seluruh undangan.


Memperingati peristiwa Pertempuran Lengkong untuk mengenang dan sekaligus untuk meneladani peristiwa heroik perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih dari para Taruna tepatnya pada tanggal 25 Januari 1946 di desa Lengkong Wetan, Serpong,Tangerang.

Pada peristiwa Lengkong tersebut Taruna dibawah pimpinan Mayor Daan Mogot melaksanakan tugas pelucutan senjata tentara Jepang yang berada di desa Lengkong, tugas ini merupakan tindak lanjut kesepakatan pemerintah dan sekutu sebagai pemenang setelah Jepang menyerah dengan di bom atomnya kota Nagasaki dan Hiroshima tetapi tentara Jepang yang berada di desa Lengkong wetan, Serpong, yang dipimpin Kapten Abe tidak kooperatif sehingga terjadilah pertempuran yang tidak seimbang antara para Taruna dengan tentara Jepang yang bersenjatakan lengkap, sehingga gugurlah 48 pahlawan yang terdiri 3 Perwira 34 Taruna dan 11 pahlawan lainya termasuk Mayor Daan Mogot pada saat terjadinya Palagan Lengkong 25 Januari 1946

Dalam ziarah kali ini juga dihadiri para Mantan Danjen/Wadanjen Akademi TNI dari masa ke masa.

Administrator

Administrator Akademi TNI