AKADEMI TNI

PEMBUKAAN PENDIDIKAN DASAR INTEGRASI KEMITRAAN TARUNA AKADEMI TNI DAN AKADEMI KEPOLISIAN TAHUN 2021

Komandan Jenderal Akademi TNI Marsekal Madya TNI Andyawan Martono P, S.I.P. membuka Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Calon Prajurit Taruna Akademi TNI dan Calon Bhayangkara Taruna Akpol atau disingkat Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol Tahun Pendidikan 2021/2022 di Menchandra Akademi TNI, Selasa (3/8/2021).
Pendidikan dasar integrasi kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol di dalam satu lembaga pendidikan Menchandra Akademi TNI tahun ini adalah yang ketujuh kali dilksanakan, dengan tujuan untuk membangun dan mewujudkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri. Pendidikan dasar integrasi kemitraan mendidik 982 Taruna yang terdiri dari 779 Taruna Akademi TNI (Akmil 449, AAL 180 dan AAU 130) dan 203 Taruna Akpol. Dari sejumlah 779 Taruna Akademi TNI, sebanyak 20 orang adalah Taruni (10 Taruni AAL dan 10 Taruni AAU). Sedangkan dari jumlah 203 Taruna Akpol, 31 orang adalah wanita.
Dalam amanatnya, Danjen Akademi TNI menegaskan bahwa "pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akpol yang dilaksanakan dalam satu lembaga pendidikan Menchandra ini dinilai sangat bermanfaat dan strategis guna terwujudnya SINERGITAS TNI dan POLRI. Karena ke depan tugas negara yang diemban oleh TNI dan Polri harus selalu bersama-sama, saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi", ini diawali dari mereka para calon pemimpin di TNI dan Polri, mereka harus saling mengenal. Ini jauh lebih bermanfaat, historisnya ini akan sangat kuat," tegas Danjen Akademi TNI.
Pelaksanaan pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akpol ini akan berlangsung selama 3 bulan. Setelah pendidikan dasar selesai, Taruna Akpol akan melanjutkan pendidikan di Akpol Semarang. Sedangkan Taruna Akademi TNI masih akan mengikuti pendidikan tahap 2 hingga kenaikan pangkat ke Kopral Taruna di Menchandra, dan selanjutnya akan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan masing-masing selama 3 tahun 6 bulan hingga mereka dilantik menjadi Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.

Administrator

Administrator Akademi TNI