AKADEMI TNI

PEMBUKAAN PENDIDIKAN DASAR INTEGRATIF KEMITRAAN TARUNA AKADEMI TNI DAN AKADEMI KEPOLISIAN TAHUN 2022.

Pendidikan dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol dibuka pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 pukul 16.00 WIB di Lapangan Sapta Marga Akmil Magelang dengan Inspektu Upacara Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. Pendidikan dasar integratif kemitraan ini akan berlangsung selama 3 bulan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Magelang.


Materi pelajaran yang akan diberikan dalam pendidikan dasar tahap awal dititikberatkan pada materi dasar keprajuritan dan kebhayangkaraan yang bersifat fisik, mental dan pengetahuan tentang TNI dan Kepolisian agar terbentuk sikap dan perilaku menjadi pribadi dan karakter sebagai seorang Prajurit Sapta Marga dan Bhayangkara Negara. Setelah menjalani pendidikan dasar integrasi kemitraan Caprabhatar Akademi TNI dan Akpol tahap awal selama 3 bulan selesai dan dinyatakan lulus, mereka akan dilantik menjadi Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akpol.


Selanjutnya Bahyangkara Taruna Akpol akan dikembalikan ke Akpol guna mengikuti pendidikan tahap lanjutan selama 3,5 tahun hingga pelantikan menjadi Perwira Polisi dengan pangkat Inspektur Dua Polisi. Sedangkan Prajurit Taruna Akademi TNI masih akan mengikuti pendidikan lanjutan tahap ke-2 selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan kematraan di Akademi Angkatan bila dinyatakan lulus yang ditandai dengan kenaikan pangkat menjadi Kopral Taruna dan kemudian akan diserahkan kepada Akademi Angkatan untuk melanjutkan pendidikan selama 3.5 tahun hingga mereka dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.


Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol TP. 2022/2023 ini adalah pelaksanaan pendidikan yang kedelapan dalam satu wadah lembaga pendidikan yang sama di Menchandra Akademi TNI. Pelaksanaan pendidikan dasar integrasi kemitraan ini bertujuan untuk menanamkan sikap dan semangat integrasi pada Taruna Akademi TNI dan Akpol serta membangun sinergitas dan soliditas bagi calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang.


Pada tahun 2022 Akademi TNI akan mendidik sebanyak 1028 caprabhatar yang terdiri dari 379 Taruna Akmil, terdiri dari 360 Taruna,19 Taruni, 250 Taruna Akademi Angkatan Laut terdiri dari 236 Taruna,14 Taruni, 149 Taruna Akademi Angkatan udara terdiri dari 137 Taruna,12 Taruni dan 250 Taruna Akpol terdiri dari 220 Taruna, 30 Taruni.


Akademi TNI adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI, dengan tugas pokok menyelenggarakan pendidikan pertama perwira TNI yang bersumber dari Taruna Akademi TNI dari matra darat, laut dan udara, yang bersifat integratif dalam rangka menyiapkan kader Pimpinan TNI. Adapun tugas pokok yang dilaksanakan adalah salah satunya menyelenggarakan pendidikan dasar integratif kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.


Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol merupakan pendidikan dasar tahap awal guna membentuk, menanamkan dan menumbuh-kembangkan sikap, semangat dan jiwa keparjuritan bagi calon Prajurit Taruna Akademi TNI, dan bhayangkara bagi calon Bhayangkara Taruna Akpol mengingat mereka sebelumnya adalah masyarakat sipil. Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan dilaksanakan selama 3 bulan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI, Magelang.

Administrator

Administrator Akademi TNI