AKADEMI TNI

UPACARA PEMBUKAAN MASA ORIENTASI CAPRABHATAR AKADEMI TNI DAN AKPOL TAHUN PENDIDIKAN 2023

Komandan Resimen Chandradimuka Akademi TNI Kolonel Inf Aulia Dwi Nasrullah, S.E., menjadi Irup pada Upacara Pembukaan Masa Orientasi Calon Prajurit dan Bhayangkara Taruna (Caprabhatar) Akademi TNI dan Akpol Tahun pendidikan 2023, bertempat di Stadion Sapta Marga, Akmil, Magelang, Rabu (2/8/2023).

 

Kegiatan masa orientasi akan dilaksanakan dari tanggal 2 s.d. 6 Agustus 2023, dengan jadwal dan materi kegiatan yang sudah disiapkan oleh Menchandra Akademi TNI.

 

Dalam sambutannya Danmenchandra Akademi TNI menyampaikan diantarannya

Dengan mengikuti masa orientasi diharapkan para Caprabhatar memiliki kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari kehidupan sipil menjadi Prajurit dan Bhayangkara

Diharapkan timbul semangat motivasi dan kebanggaan serta dapat memperoleh gambaran awal tentang kehidupan Prajurit dan Bhayangkara.”

Pendidikan dilingkungan Militer ataupun Kepolisian memang keras, tetapi hal itu bukan berarti dengan menggunakan kekerasan. Keras dalam rangka membentuk mental, kedisiplinan Prajurit, Bhayangkara yang pada akhirnya bermuara  pada ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan dan norma-norma yang berlaku.”

 

Masa orientasi ini bertujuan untuk membentuk karakter sebagai calon Perwira dan calon pemimpin yang berjiwa militan, pantang menyerah dan memiliki solidaritas yang tinggi, menghilangkan sifat egois, individualis dan arogan, karena dalam masa orientasi ini Caprabhatar harus mengutamakan kebersamaan, loyalitas dan tanggung jawab yang tinggi dalam melaksanakan setiap kegiatan.

 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Damenchandra Akademi TNI juga menyampaikan pesan kepada para pelatih, pengasuh dan pendukung  masa orientasi ini agar dapat melakukan semua kegiatan dengan senantiasa mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan.

 

Pada akhir sambutan Danmenchandra Akademi TNI menyampaikanDengan ini Masa Orientasi Caprabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Tahun Pendidikan 2023, dengan resmi saya nyatakan dibuka.”

 

Kegiatan masa orientasi ini juga akan dilaksanakan tradisi pengibaran bendera orientasi di puncak tidar dan orientasi pengenalan lingkungan pendidikan di Menchandra Akademi TNI dan Akmil, organisasi Akademi TNi dan Menchandra Akademi TNI, peraturan tentang kehidupan Taruna serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan materi pendidikan di Menchandra Akademi TNI.

Administrator

Administrator Akademi TNI